Cara Diet di Bulan Puasa yang Bikin Kamu Kurus dan Sehat

By | 6 April 2017

Cara Diet di Bulan Puasa yang Bikin Kamu Kurus dan Sehat merupakan bahasan kita hari ini, dan tak lupa pada artikel sebelumnya kita sudah membahasa mengenai 8 Rahasia Cara Diet Sehat, Alami, dan Melangsingkan Tubuh, langsung saja kita bahas.

Cara Diet di Bulan Puasa yang Bikin Kamu Kurus dan Sehat

Cara Diet di Bulan Puasa

Siapa sih perempuan yang tidak ingin cantik? Anggapan kecantikan bagi para perempuan adalah perempuan yang memiliki badan yang ideal. Badan yang ideal merupakan impian dari semua perempuan terutama yang memiliki berat badan yang berlebihan.

Memang tidak bisa dipungkiri bahwa berat badan yang ideal bagi perempuan akan menambah daya tarik bagi lawan jenis.

Bagi sebagian wanita yang memiliki badan yang tidak normal atau tidak yang diharapkannya pastinya lebih menginginkan untuk melakukan diet. Diet merupakan salah satu aktivitas yang sangat efektif untuk menurunkan berat badan.

Salah satu diet yang sering dilakukan para wanita adalah diet di bulan puasa. Hal ini disebabkan karena pada waktu bulan puasa, kita diharuskan menahan lapar dan dahaga selama lebih dari 12 jam dalam sehari. Mulut tetap harus bersabar menunggu waktu buka walalupun perut terus berbunyi.

Namun, banyak wanita yang gagal dalam melakukan diet di bulan puasa. Karena mereka merasa telah tidak makan seharian dan waktu berbuka mereka makan yang mereka suka tanpa mempertimbangkannya.

Ingat, makan yang berlebihan akan membuat Anda cepat mengantuk sehingga bukannya berat badan yang akan turun malahan berat badan bisa naik. Lantas bagaimana cara diet di bulan puasa?

REKOMENDASI : Cara Diet di Bulan Puasa dengan FIFORLIF

Tips Diet di Bulan Puasa / Ramadhan

Tips Diet di Bulan Puasa

Cara diet di bulan puasa berikut ini merupakan cara diet alami tanpa mengonsumsi obat – obatan pelangsing atau pembakar lemak. Berikut tips yang harus kamu lakukan saat diet di bulan puasa :

1. Niat

Niat yang Anda tanamkan pada diet di bulan puasa ini bukanlah niat untuk melangsingkan tubuh. jangan sampai niat diet kamu ini bisa mengurangi pahala kamu dalam berpuasa. Intinya tetapkan niat puasa kamu karena Allah semata, dan untuk menurunkan berat badan juga bisa merupakan nikmat dari Allah setelah kamu puasa dalam sebulan.

2. Cara diet di bulan puasa yang paling penting jangan pernah ketinggalan untuk makan sahur

cara langsing di bulan puas

Cara ini merupakan cara yang harus benar – benar kamu perhatikan. Apabila kamu melewatkan makan sahur dan mengonsumsi air putih karena ingin diet hal tersebut sangatlah salah. Sebab sahur harus kamu lakukan agar kamu memiliki energi pada siang hari dan tidak merasa lemas. Selain itu, sahur juga merupakan cara agar kamu tidak makan berlebihan di waktu buka puasa.

Agar kamu tidak lemas di siang hari, saat sahur makanlah makanan yang mengandung kadar lemak yang rendah, terus memiliki protein yang cukup, serta makanan dengan karbohidrat dan serat yang tinggi. Ada baiknya jika kamu sahur tidak mendekati imsyak agar kamu tidak makan sahur dengan tergesa – gesa.

3. Pilih menu makanan saat sahur yang bisa membuatmu merasa kenyang seharian

makanan saat sahur yang bisa membuatmu merasa kenyang seharian

Agar lancar dalam menjalankan aktivitas sehari – hari pada saat berpuasa, maka tubuhmu akan membutuhkan 5 kandungan makanan yaitu : karbohidrat, protein, vitamin, lemak dan mineral. Di samping itu, kamu juga membutuhkan makanan yang kaya akan serat seperti buah – buahan atau sayuran hijau.

Makanan yang mengandung serat yang tinggi akan membantumu untuk merasa kenyang lebih lama. Alangkah baiknya saat sahur menghindari makanan pedas dan berbumbu pedas karena dapat membuatmu merasa mudah lapar.

4. Setelah sholat subuh dan sahur hindari untuk kembali tidur

Membiasakan makan setelah sahur malah akan membuat tubuhmu semakin membengkak. Sebab lambung membutuhkan proses dalam mencerna makanan. Jika kamu tidur setelah makan sahur tubuh tidak akan mempunyai kesempatan dalam membakar kalori dari makanan yang kamu konsumsi. Di samping itu, tidur setelah sahur juga akan menyebabkan gangguan pencernaan. Tidak perduli, seberapa banyak makanan yang masuk ke dalam perutmu.

5. Hindari dehidrasi dengan memperbanyak mengonsumsi air putih

mengonsumsi air putih

Walaupun dalam bulan puasa, bukan suatu alasan bahwa kamu tidak mengonsumsi air putih. Malahan, di bulan puasa tubuh harus tetap mengonsumsi dalam jumlah yang semestinya yaitu minimal 8 gelas dalam sehari. Cara menyiasatinya adalah 2 gelas saat sahur, 4 gelas di waktu berbuka puasa, dan 2 gelas sebelum tidur.

Pada saat kamu berpuasa, air putih akan membantu tubuhmu dalam menghilangkan berbagai racun. Dengan mengonsumsi air putih yang banyak akan mebuat diet kamu di bulan puasa akan membuahkan hasil. Alangkah baiknya, mengawali berbuka puasa dengan meminum air putih baru kemudian buah – buahan.

REKOMENDASI : Cara Diet di Bulan Puasa dengan FIFORLIF

6. Kendalikan diri Anda saat berbuka puasa

Waktu berbuka puasa merupakan waktu yang harus Anda perhatikan dengan sangat, apabila Anda ingin menurunkan berat badan. Jangan dianggap jika Anda telah berpuasa seharian, dan waktu berbuka puasa merupakan waktu yang tepat untuk balas dendam dengan cara mengonsumsi segala jenis makanan yang kamu inginkan.

Cobalah untuk berbuka puasa dengan anjuran Rasullah yaitu berbuka dengan air putih dan beberapa butir kurma. Hal ini akan membantu kamu untuk tidak merasakan lapar sehingga kamu bisa mengendalikan makanan yang selanjutnya dan proses pencernaan bisa berjalan dengan baik.

7. Kurangi mengonsumsi makanan manis selama puasa

makanan manis selama puasa

Cara diet di bulan puasa lainnya adalah mengurangi mengonsumsi makanan manis. Hal ini godaan yang berat saat menjalankan diet di bulan puasa. Tapi percayalah tips ini akan membuat dietmu akan membuahkan hasil yang kamu harapkan. Mengonsumsi makanan manis akan membuat badanmu akan semakin bertambah gemuk.

Cara diet di bulan puasa yang baik adalah dengan memperbanyak mengonsumsi makanan sehat saat buka puasa. Tetapi kamu masih diperbolehkan untuk mengonsumsi makanan manis dengan syarat hanya satu jenis makanan manis saja yang boleh kamu konsumsi.

8. Hindari kebiasan mengonsumsi makanan yang berat saat berbuka puasa

Ketika berbuka puasa hindari langsung mengonsumsi segala jenis makanan sekaligus. Karena mengisi perut yang kososng setelah seharian berpuasa akan membuat lambung merasa kaget.

Baiknya mengonsumsi kurma dan air putih terlebih dahulu untuk mengirimkan sinyal ke otak agar tubuh bisa merasa kenyang. Hal ini akan membuat dietmu berjalan dengan sempurna. Jika masih terasa lapar barulah, perlahan – lahan mengonsumsi makanan yang sehat.

9. Perbanyak sayur dan buah – buahan di menu buka puasa

sayur dan buah – buahan di menu buka puasa

Menyediakan sayuran dan buah – buhan segar di menu buka puasa bisa dijadikan sebagai camilan sehat. Sayuran dan buah – buahan akan memenuhi kebutuhan tubuhmu yaitu : vitamin, mineral dan serat.

Kamu bisa mengolahnya dengan membuatnya menjadi jus atau smoothies. Di samping itu smooties akan membuat perutmu merasa kenyang lebih lama.

10. Tetap aktif bergerak dan berolahraga

olahraga bulan puasa

Cara diet di bulan puasa terakhir adalah olahraga dan aktif bergerak. Olahraga di bulan puasa memang mudah untuk diucapkan tetapi sangat ulit untuk dilakukan karena kamu pasti beranggapan bahwa olahraga di bulan puasa akan membuat kamu cepat merasakan lapar.

Namun, tetap aktif dan olahraga saat bulan puasa akan mudah menurunkan berat badan sebab olahraga dengan perut yang keroncongan akan membuat pembakaran lemak semakin efektif. Maka dari itu sempatkan waktu sebelum berbuka puasa untuk melakukan olah raga. Olahraga yang ringan saja seperti jalan – jalan, bersepeda atau membersihkan rumah. Sangat tidak disarankan untuk olah raga diwaktu siang hari karena akan menguras banyak tenaga.

BONUS : Konsumsi Fiforlif

Fiforlif bukanlah obat pelangsing atau pembakar lemak, melainkan minuman sehat yang bisa kamu konsumsi ketika berbuka puasa atau sahur, minuman sehat ini akan membantu mencerna usus kita untuk mengeluarkan toksin maupun kotoran yang menempel di usus, sehingga hal tersebut berakibat menurunnya berat badan dan tubuh menjadi ideal.

Informasi lebih lengkap mengena fiforlif bisa kami klik disini.

Sekian pembahasan kita tentang Cara Diet di Bulan Puasa yang Bikin Kamu Kurus dan Sehat, semoga dapat bermanfaat untuk anda, jangan lupa untuk share artikel ini apa bila bermanfaat dan jangan lupa untuk tinggalkan komentar dibawah.

Salam LanjutTerus.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *