Cara Menurunkan Berat Badan Saat Puasa Secara Maksimal dan Benar

By | 7 April 2017

Cara Menurunkan Berat Badan Saat Puasa Secara Maksimal dan Benar, itulah topik yang akan kita bahas pada hari ini, dan tak lupa di artikel sebelumnya kita juga sudah membahas topik yang sama tentang Menu Diet Bulan Puasa Pada Saat Sahur dan Berbuka Puasa.

Berbagai program diet terus bermunculan dengan berbagai kelebihan serta kekurangannya, namun ternyata ada juga cara menurunkan berat badan saat puasa yang cukup efektif dilakukan.

Namun meskipun sedang melakukan diet penurunan berat badan selama masa puasa, pemenuhan kebutuhan nutrisi lengkap tetap harus tercukupi. Sehingga berat badan bisa menurun sesuai harapan tetapi kesehatan tubuh tidak diabaikan begitu saja.

Cara Menurunkan Berat Badan Saat Puasa Secara Tepat

Cara Menurunkan Berat Badan Saat Puasa

REKOMENDASI : Cara Menurunkan Berat Badan Saat Puasa dengan FIFORLIF

Menjalankan puasa memang untuk menjalankan sebuah ibadah dengan berbagai manfaat yang terkandung di dalamnya. Jika anda ingin sekaligus mendapatkan berat badan ideal dengan puasa tentunya harus dilakukan dengan cara yang benar.

Hal tersebut penting untuk diperhatikan karena jika caranya salah maka bisa saja berat badan justru akan bertambah meskipun sedang berpuasa. Oleh karena itu, anda tidak bisa beranggapan hanya dengan menjalankan puasa tanpa adanya cara yang tepat akan langsung dapat menurunkan berat badan.

Berikut cara menurunkan berat badan saat puasa yang bisa dilakukan dengan tepat :

  • Kurangi konsumsi es dan minuman bersoda karena bisa menimbulkan rasa kenyang sehingga nutrisi dari makanan utama kurang. Selain itu, soda juga memiliki kandungan gula yang tinggi sehingga tidak baik untuk program manajemen berat badan.
  • Hindari makanan atau minuman yang mengandung santan karena akan meningkatkan berat badan termasuk kadar kolesterolnya cukup tinggi.
  • Lakukan olahraga atau aktifitas fisik ringan selama 30 menit menjelang waktu berbuka puasa. Kebiasaan tersebut akan menjaga kebugaran tubuh sekaligus membantu dalam proses penurunan berat badan.
  • Konsumsi beragam jenis makanan terutama untuk sumber karbohidratnya yang tidak harus nasi, sehingga bisa digantikan dengan sumber karbohidrat lainnya seperti kacang merah, kentang, jagung atau gandum.
  • Pastikan anda konsumsi makanan dalam jumlah yang wajar dan secara perlahan agar sistem metabolisme juga terbantu menjadi semakin maksimal. Hal yang terpenting adalah jangan kalap saat berbuka puasa, apalagi waktu buka yang memang mendekati waktu tidur akan membuat kalori dalam tubuh anda tidak digunakan sebagai energi dan disimpan sebagai lemak.
  • Lengkapi nutrisi dalam sehari mulai dari karbohidrat, protein, lemak dan termasuk serat yang didapatkan dari sayur serta buah-buahan. Sehingga meskipun sedang berpuasa anda tetap mendapatkan energi cukup untuk beraktifitas, namun tetap seimbang untuk proses menurunkan berat badan.

Dalam melakukan cara menurunkan berat badan saat puasa maka anda harus berhati-hati dalam memilih dan memilah apa yang harus dilakukan dan tidak. Untuk mendapatkan hasil maksimal tentunya anda tidak bisa sembarangan saat sahur dan berbuka.

tips diet di bulan puasa

Termasuk di dalamnya adalah asupan tambahan lainnya yang memang diperlukan tubuh dalam menjalankan sistem metabolisme. Jangan sampai anda tidak mengontrol makanan saat berbuka, atau bahkan terlalu berlebihan dalam menjalankan diet sehingga mengabaikan pemenuhan asupan nutrisi yang harus dipenuhi untuk tubuh.

Memilih Menu Berbuka Sebagai Cara Menurunkan Berat Badan Saat Puasa

menu diet bulan puasa

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk tetap bisa menjalankan akifitas sehari-hari sekaligus dapat menurunkan berat badan saat berpuasa adalah dengan mengatur apa yang dikonsumsi oleh tubuh.

Dengan mengatur serta memperhatikan pemilihan bahan makanan yang dikonsumsi saat sahur maupun berbuka maka akan lebih mudah bagi anda untuk bisa mendapatkan berat badan ideal tanpa harus menyiksa tubuh hingga terjadi resiko kesehatan yang tidak diinginkan tentunya. Jika anda bisa menjalankan salah satu cara menurunkan berat badan saat puasa ini maka akan lebih mudah hasil idealnya didapatkan.

Berikut beberapa tips pemilihan makanan sebagai cara menurunkan berat badan saat puasa yang efektif :

  • Anda bisa memilih beragam jenis ikan sebagai menu berbuka karena adanya kandungan omega 3 dan asam lemak yang tinggi terutama pada tuna atau salmon. Tetapi anda bisa menggunakan jenis ikan apapun yang mudah ditemukan di sekitar.
  • Memilih daging juga bisa saja dilakukan asalkan diperhatikan pengolahan dan porsinya. Akan lebih baik jika anda menggunakan daging tanpa lemak agar lebih aman dengan pengolahan yang tepat. Disarankan untuk membumbui daging tersebut dengan lemon, garam serta merica.
  • Sebaiknya hindari makanan yang digoreng karena juga bisa memicu sakt tenggorokan. Maka anda bisa memilih pengolahan makanan jenis lainnya agar lebih aman dan tidak menimbulkan peningkatan kolesterol dalam tubuh.
  • Konsumsi air mineral menjadi salah satu faktor yang dapat membantu sistem metabolisme, sehingga anda harus membagi kebutuhan minum sehari saat sahur dan berbuka. Harus diperhatikan jumlahnya agar tidak sampai kurang tetapi juga tidak berlebihan.
  • Ketika saatnya berbuka sesibuk apapun hindari konsumsi fastfood sebaik mungkin untuk mendapatkan asupan yang lebih sehat dan aman terutama untuk berat badan anda. Pilihlah alternatif solusi lain untuk mengatasi kesibukan anda dengan pemenuhan nutrisi selama puasa sehingga berat badan juga bisa ikut menurun.
  • Jangan jadikan makanan instan jenis apapun menjadi pilihan untuk menu berbuka puasa apalagi saat ingin menurunkan berat badan. Akan lebih baik jika anda mendapatkan asupan sayuran lainnya yang lebih sehat serta bermanfaat untuk kesehatan.
  • Pilih makanan-makanan yang tidak membuat perut yang awalnya kosong menjadi kaget karena asupan makanan yang mungkin pedas atau asam berlebihan. Anda bisa memilih menggunakan jus atau olahan buah lainnya agar tidak bosan saat berbuka.
  • Mengganti nasi putih dengan nasi merah bisa menjadi pilihan karena indeks glikemik dalam nasi merah lebih sedikit. Hal tersebut akan berpengaruh pada kadar glukosa yang disimpan oleh tubuh agar tidak berlebihan sehingga diubah menjadi lemak. Selain itu, tentu juga lebih sehat menggunakan nasi merah meskipun harganya relatif lebih mahal.
  • Untuk awalan berbuka puasa tentu anda bisa menggunakan kurma atau berbagai jenis buah yang aman dikonsumsi saat perut kosong sehingga sistem pencernaan juga bisa dipersiapkan dengan baik sebelum mengkonsumsi makanan berat setelah itu.
REKOMENDASI : Cara Menurunkan Berat Badan Saat Puasa dengan FIFORLIF

Tentu pilihan menu makanan yang paling baik adalah membuatnya sendiri di rumah. Dengan begitu anda juga bisa mengontrol pemilihan bahan makanan, pengolahan serta kebersihannya hingga dikonsumsi. Sehingga hal tersebut akan meningkatkan keamanan dalam mengkonsumsi makanan saat sahur dan berbuka.

olah raga sehat dibulan puasa

Anda akan terhindar dari berbagai resiko karena makanan, dan tentunya bisa mengatur seberapa banyak jumlah makanan yang memang harus dikonsumsi.

Tidaklah sulit menjalankan berbagai cara untuk menurunkan berat badan saat berpuasa asalkan anda memperhatikan berbagai hal dengan baik. Anda harus tetap bisa menjalankan aktifitas sehari-hari secara maksimal meskipun sedang berpuasa dengan asupan nutrisi dan kalori yang dalam jumlah tepat.

Jika kalori yang masuk dengan pengeluaran melalui aktivitas sehari-hari akan membantu dalam manajemen berat badan yang dilakukan, sehingga dengan begitu anda akan lebih mudah merasakan hasil dari program tersebut.

Selain itu, kedisiplinan dalam menjaga keinginan konsumsi makanan tidak sehat juga diperlukan untuk keberhasilan cara menurunkan berat badan saat puasa.

Sekian mengenai pembahasan kita tentang Cara Menurunkan Berat Badan Saat Puasa Secara Maksimal dan Benar, semoga dapat bermanfaat untuk anda, jangan lupa untuk share dan berikan komentar anda dibawah.
Salam LanjutTerus.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *