Penyebab Keputihan Pada Wanita, Simak Lengkap Disini!

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai Penyebab Keputihan Pada Wanita, dimana sebelumnya kita juga sudah membahas tentang cara mengobati keputihan, untuk itu langsung saja kita bahas berikut ini.

Penyebab Keputihan Pada Wanita

Penyebab Keputihan Pada Wanita

Apakah Anda sering mengalami keputihan dan ingin mengetahui apa saja penyebab keputihan pada wanita? Keputihan tentunya dialami oleh setiap kaum wanita yang sudah mengalami masa pubertas. Keputihan ini muncul di area kewanitaan. Biasanya munculnya lender berwarna putih disekitar area kewanitaan tersebut.

Keputihan ini tidak berbau dan umumnya dialami oleh wanita menjelang masa menstruasi tiba. Tentunya keputihan ini dapat disebabkan oleh banyaknya faktor penyebab yang membuat wanita mengalami keputihan tersebut.
Berikut ini ada beberapa penyebab keputihan pada wanita yang bisa Anda ketahui:

1. Vagina yang terkena kuman

apa penyebab keputihan

Salah satu penyebab keputihan pada wanita yang bisa diketahui adalah vagina yang terkena kuman. Kuman ini disebabkan oleh sentuhan tangan yang kotor ke daerah kewanitaan. Sehingga daerah kewanitaan tersebut menjadi sarang kuman dan menyebabkan keputihan. Bahkan jika sudah semakin parah, keputihan akan semakin banyak dan tentunya tidak normal.

2. Vagina yang berada dalam kondisi lembab

Penyebab selanjutnya yang termasuk dalam penyebab keputihan pada wanita adalah vagina yang berada dalam kondisi yang lembab. Vagina yang lembab biasanya dialami oleh wanita yang memakai celana dalam yang agak basah setelah melakukan buang air besar maupun buang air kecil yang tidak dikeringkan atau tidak ganti celana dalam.

Hal tersebut akan membuat vagina lembab dan mudah ditumbuhi jamur ataupun bakteri. Jika vagina sudah terkena jamur dan bakteri, daerah kewanitaan akan gatal. Sehingga keputihan akan mudah terjadi walaupun tidak mendekati masa haid.

3. Sering berganti pasangan

Penyebab berikutnya yang termasuk penyebab keputihan pada wanita adalah sering berganti pasangan. Wanita yang pernah menjalani hubungan intim dengan banyak pasangan akan menyebabkan daerah vagina mudah mengalami keputihan. Karena setiap penis laki-laki yang berdekatan dengan vagina belum tentu bersih.

Sehingga akan meninggalkan virus atau bakteri bahkan jamur yang menyerang bagian vagina. Dalam kondisi ini wanita yang akan dirugikan karena dapat menyebabkan keputihan yang lebih sering dan juga banyak.

4. Menggunakan celana dalam yang terlalu ketat

obat keputihan di apotik

Keputihan bisa terjadi akibat wanita yang sering menggunakan celana dalam yang terlalu ketat. Celana dalam terlalu ketat dapat menjadikan wanita rentan mengalami keputihan. Anda bisa mengatur celana dalam yang digunakan agar longgar dan jangan terlalu ketat. Sebab celana dalam tersebut berpengaruh pada kesehatan organ reproduksi di daerah kewnaitaan.

5. Menggunakan toilet umum

penyebab keputihan

Penyebab wanita mengalami keputihan selanjutnya adalah karena menggunakan tpilet umum. Toilet umum tentunya digunakan oleh semua orang tanpa mengetahui kondisi kesehatan seksualnya. Hal ini akan menimbulkan bahaya pada bagian vagina yaitu mengalami keputihan. Sebisa mungkin jika Anda menggunakan toilet umum membersihkannya dengan cara mengguyur dengan air bersih atau menyemprotkan cairan antiseptik ke bagian toilet duduk yang Anda gunakan. Langkah tersebut membuat pencegahan dari penyakit seksual dan mengurangi resiko keputihan yang berbahaya.

6. Wanita yang mengalami stress

keputihan saat hamil

Penyebab wanita mengalami keputihan berikutnya adalah wanita yang mengalami kondisi yang stress. Kondisi stress menyebabkan gangguan pada sistem reproduksi di dalam tubuh. Akibatnya produksi cairan yang ada di daerah kewanitaan menjadi lebih banyak. Hal ini menyebabkan wanita lebih mudah mengalami keputihan. Selain itu keseimbangan hormon yang terganggu menyebabkan keputihan mudah sekali terjadi.

7. Mengalami kelelahan di tubuh

Penyebab wanita mengalami kondisi keputihan yang tidak normal adalah mengalami kelelahan tubuh. Kondisi lelah ini disebabkan tidak seimbangnya antara aktivitas atau kegiatan dan juga waktu untuk istirahat. Sehingga berpengaruh pada hormon yang ada di dalam tubuh wanita. Perubahan hormon yang tidak seimbang ini menyebabkan keputihan mudah sekali terjadi. Anda harus mengatur waktu antara aktivitas dna istirahat dengan seimbang.

8. Efek samping dari obat-obatan yang dikonsumsi

obat keputihan ampuh

REKOMENDASI : Solusi atasi keputihan dengan Ladyfem.

Penyebab selanjutnya yang masuk ke penyebab keputihan pada wanita adalah efek samping dari obat-obatan yang pernah dikonsumsi sebelumnya. obat-obatan berbahaya tentunya mengganggu sistem reproduksi wanita dan tidak seimbangnya sistem imun di dalam tubuh. Akibatnya wanita tersebut mengalami keputihan yang tidak normal. Hindari konsumsi obat-obatan seperti anti biotik dalam waktu yang lama agar tidak mengganggu sistem hormon dan juga reproduksi wanita.

9. Melakukan program KB

keputihan sebelum haid tanda hamil

Bagi wanita yang sudah menikah, keputihan dialami karena melaksanakan program KB. Biasanya wanita disuntik maupun mengkonsumsi pil KB. Obat yang masuk ke dalam tubuh tersebut akan mengganggu sistem reproduksi dan juga gangguan hormon dalam tubuh wanita. Akibatnya wanita mudah sekali mengalami gangguan berupa keputihan yang tidak normal.

10. Menggunakan cairan pembersih vagina

Penyebab keputiha juga bisa disebabkan oleh penggunaan cairan pembersih vagina. Kebanyakan wanita menggunakan cairan pembersih vagina yang sudah ada dalam kemasan. Padahal vagina hanya butuh dibersihkan dengan air bersih yang mengalir untuk menghindari sarang kuman ataupun jamur yang ada di daerah kewanitaan. Justru penggunaan cairan pembersih daerah kewanitaan mudah menimbulkan keputihan pada wanita.

11. Membasuh daerah kewanitaan dengan cara yang salah

Keputihan bisa disebabkan oleh cara membasuh organ kewanitaan yang salah. Kebanyakan orang membasuh daerah kewanitaan dari arah anus menuju daerah vagina. Hal ini akan menyebabkan kuman atau bakteri justru berada di sekitar vagina bahkan bisa masuk ke daerah vagina. Sehingga wnaita mudah sekali mengalami keputihan. Seharusnya membasuh organ kewanitaan dibalik dari mulai vagina menuju ke arah anus.

12. Kurang mengkonsumsi makanan berserat

keputihan di awal kehamilan

Keputihan juga bisa dialami oleh wanita yang kurang mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak serat. Makanan berserat sangat baik untuk kesehatan tubuh. Apalagi makanan berserat mampu melancarkan buang air besar dan sistem pencernaan yang ada di dalam tubuh. Wanita yang kurang mengkonsumsi makanan yang berserat lebih mudah mengalami keputihan. Sebaiknya Anda mengatur pola makan dengan menyediakan makanan berserat yang terkandung dalam buah dan sayur setiap harinya secara teratur.

13. Mengkonsumsi makanan yang menyebabkan keputihan

Keputihan juga bisa disebabkan oleh faktor makanan yang dikonsumsi. Semua makanan yang dikonsumsi tidak semuanya sehat dan baik untuk kesehatan tubuh. Terbukti beberapa makanan justru menimbulkan masalah pada wanita yaitu sering mengalami keputihan yang tidak normal.

Adapun beberapa jenis makanan yang perlu Anda hindari karena menyebabkan keputihan pada kaum wanita diantaranya:

Timun

Timun merupakan jenis makanan yang tentunya bisa menyebabkan keputihan. Timun akan membuat peningkatan hormon esterogen dan juga meningkatkan produksi lendir dalam organ intim wanita. Lendir yang semakin banyak akan meningkatkan potensi keputihan pada seorang wanita. Timun juga dilarang untuk dikonsumsi oleh wanita hamil karena dapat menyebabkan keputihan yang tidak normal.

Gorengan

keputihan berwarna coklat

Makanan jenis gorengan ini juga menjadi pemicu terjadinya keputihan. Sebab kandungan minyak dan juga tepung pada gorengan tersebut membuat daerah kewanitaan mengeluarkan lendir lebih banyak. Sehingga wanita mudah sekali terkena keputihan.

Buah Nanas

Buah nanas yang mengandung banyak Vitamin C justru membuat produksi lendir dalam tubuh wanita lebih banyak. Sehingga buah nanas cenderung mengakibatkan wanita mengalami keputihan yang tidak normal.

Cara Mengatasi Keputihan dengan Ladyfem

penyebab keputihan dan cara mengatasinya

Ladyfem merupakan salah satu produk dari PT.Abe yang mempunyai manfaat menghilangkan keputihan, Khasiat utama LadyFem adalah mengembalikan sistem kerja organ intim wanita, merapatkan & membersihkan dinding-dinding rahim dengan cara aman & membuat aromanya harum & segar!

Produk ini juga sudah terdaftar resmi di Badan Pengawas Obat & Makanan (BPOM) dengan No. Register : POM TR 093.301.381 tidak hanya itu produk ini juga direkomendasikan langsung oleh pakar reprosukdi Indonesia yang sudah sangat terkenal yaitu Boyke Dian Nugraha, jadi sangat tidak diragukan lagi khasiat dan manfaatnya.

Untuk mengetahui manfaat lebih jelas dan lengkap mengenai Ladyfem silahkan klik disini.

Sekian mengenai artikel Penyebab Keputihan Pada Wanita, semoga dapat bermanfaat untuk anda yang tentu sedang mencegah penyakit yang satu ini. Jangan lupa untuk berikan komentar dibawah dan share artikel ini keseluruh media sosial anda 🙂

Salam LanjutTerus.com

GRATIS! 1 Box Foredi atau 1 Box TDM

Hanya untuk 2 orang beruntung akan diinfokan melalui email, Daftarkan email anda dibawah ini :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *